Breaking News
Loading...
Selasa, 30 Oktober 2012

Intel Core and Keluarganya


Pengertian Intel Duo Core dan “Keluarga”-nya
Core merupakan merek Dagang Intel untuk arsitektur baru Prosesornya yang mengacu kepada teknologi prosesor komputer dimana ada 2 “inti” didalam satu packaging, sehingga ada 2 prosesor di atas satu chip



Pengertian Intel Core i3, i5, i7
Intel dalam beberapa waktu lalu telah merilis processor terbarunya yaitu Intel core i7, kemudian disusul i5 dan i3, yang perlu diperhatikan adalah, bahwa intel tidak akan mengeluarkan lagi brand brand core 2 duo dan core 2 quad, sedangkan brand pentium dan celeron bakal dipertahankan, sedangkan brand centrino akan intel pakai pada produknya yang berbasis wifi dan wimax.


Perbedaan antar Intel Core Duo dan Intel Core i
Intel Core Duo

Teknologi "Core" dengan "Core 2" berbeda jauh sekali, terutama dengan
adanya dukungan komputasi[kekuatan 2 inti] 64-bit di Core 2, Makanya harga antara
keduanya dapat berbeda cukup jauh. Berikut pembagian Kelas dari Core Duo:
- "Core Duo" berarti prosesor berarsitektur "Core" dengan 2 inti.
- "Core 2 Duo" berarti prosesor berarsitektur "Core 2" dengan 2 inti.
- "Core 2 Quad" berarti prosesor berarsitektur "Core 2" dengan 4 inti.

SUGGEST/SARAN
Karena harga antara keduanya beda cukup jauh. Jika hendak membeli, disarankan untuk membeli "Core 2" atau teknologi "Phenom" dariAMD karena cepat atau lambat semua akan bermigrasi ke sistem 64-bit.

Intel Core i
Merupakan keluaran terbaru dari Intel, terdiri dari 3 jenis, yaitu;

* i7 = codename Bloomfield
* i5 = codename Lynnfield
* i3 = codename Arrandale/clarksfield

perbedaan dari ketiga produk barunya tersebut? Intinya core i3 ditujukan buat Entry Level, core i5 buat mid level, kalo core i7 buat High Level. Terus ketiganya bakal ditanam di dekstop maupun notebook. Selain itu, core i5 dan i7 mengadopsi fitur “Intel Turbo Mode Technology” dimana fitur ini akan mematikan core yang tidak dipakai ketika memproses aplikasi yang hanya membutuhkan single thread, ketika memproses aplikasi single thread, processor akan mengoverclock aliran thread data yang berjalan di atasnya sehingga pemrosesan lebih cepat, sedangkan jika memproses aplikasi yang BUKANsingle thread, core tersebut akan hidup kembali.







Intel mengeluarkan Prosesor generasi terbaru yaitu Intel i9 “code name GULFTOWN” analogi dari i7 + 2, dengan 6 core fisik, sehingga dengan begitu total thread count dapat mencapai 12 thread paralel  dengan 12 MB L3, Rilis pertengahan 2010…



Intel Atom



Intel Atom adalah prosesor ultra low power baru dari Intel dengan kode produksi Diamondville, merupakan prosesor paling hemat energi saat ini untuk PC desktop, prosesor ini hanya membutuhkan daya sebesar 1 - 2,5 Watt atau hanya sekitar 3% dari daya yang dibutuhkan oleh Prosesor Intel Core 2 Duo (65 Watt), namun dapat memberikan kemampuan desktop PC X86 seutuhnya, untuk menggenjot fungsi multimedia.

Intel Atom dilengkapi dengan dukungan Streaming SIMD Extensions 3 (SSE3). Prosesor Intel atom diproduksi dengan teknolgi 45nm, dengan 47juta transistor didalamnya dan ukuran fisik kurang dari 26mm persegi, merupakan prosesor Intel terkecil saat ini.

PC desktop berbasis Intel ATOM diberi istilah NETTOP yang dapat diartikan sebagai PC yang “low–cost”. "Bukan hanya dari sisi harga yang terjangkau, lebih dari itu sebenarnya Intel telah memulai era hemat energi pada dunia komputer khususnya desktop PC sehingga pengertian low-cost akan mencapai pada biaya pemakaian harian dan kami memulainya pertama kali di Makassar," demikian disampaikan oleh Wandy Effendi, Managing Director Elextra Komputer, melalui media rilis, Rabu 17 September.

PC Hybrid Grand SC530 yang berbasis ATOM cocok untuk semua kalangan, mulai dari siswa yang baru mulai belajar menggunakan komputer sampai dengan professional dikantor, ketika di test, PC Hybrid Grand SC530 ternyata sangat responsif menjalankan aplikasi office (internet, pengetikan, kalkulasi, tabulasi dan presentasi), serta memadai pada fungsi multimedia seperti memutar musik dan video.


Sumber: Indowebster

0 comments:

Poskan Komentar

Quick Message
Press Esc to close
Copyright © 2013 Jam Blog All Right Reserved