Breaking News
Loading...
Senin, 19 November 2012

Bahan Dasar Cymbal



Pada dasarnya cymbal terbuat dari dua/lebih bahan tembaga. Misalnya perpaduan antara timah (tin) dan perunggu (bronze), terkadang juga dengan menggunakan perak/metal dan lain-lain. Proses pembuatannya dalam keadaan cair tembaga-tembaga tersebut melalui peleburan kemudian dicampur. Tentunya, percampuran tersebut tidak sembarang tetapi disesuaikan dengan suara yang ingin dicapai oleh si pembuat cymbal tersebut.

Pembuatan cymbal ini adalah 'the secret recipe' setiap perusahaan produsen cymbal. Sebagai contoh perusahaan A menggunakan bahan pembuat cymbal B8 untuk cymbal seri "low" sedangkan pada perusahaan cymbal B bisa mengolah sedemikian rupa sehingga bahan B8 digunakan untuk seri cymbal kelas "medium" dari situlah yang menjadi dapur rahasia pabrik pembuat cymbal.

Tidak heran kalo harga-harga cymbal sangat beraneka ragam dipasaran. Lain koki lain rasa, begitu pula perusahaan pembuat cymbal. Mungkin dua perusahaan sama-sama menggunakan bahan B8 tetapi harga cymbal akan menjadi berbeda seperti contoh tadi. Bahan yang umum digunakan adalah B20 (80% copper + 20% tin) dan B8 (92% copper + 8% tin). diantara mereka, ada juga B12 dan B10.

Seiring perkembangan jaman pun, pembuatan cymbal makin banyak karena melalui penelitian, perusahaan pembuat cymbal mampu membuat 'cymbal effect' yang bahannya unik sekali diluar dari bahan-bahan diatas. Cymbal sendiri memang terbuat dari kuningan, oleh karena itu kebanyakan cymbal berwarna kuning seperti kuningan tetapi jangan kuatir, beberapa perusahaan telah bereksperimen membuat cymbal berwarna lain seperti yang sudah beredar di pasaran misalnya seperti hitam, merah, biru, hijau. Wow, sesuatu banget ya hehe... secara fisik memang menarik perhatian mata memandang.

Nah sobat drummers, silahkan menentukan pilihan cymbal disesuaikan dengan selera masing-masing. Dari suara, penampilan, merk, dan tentu nya harga yang tidak boleh terlewatkan. Tetapi perlu diingat juga bahwa prinsip "ada harga ada rupa" tidak bohong.

0 comments:

Posting Komentar

Quick Message
Press Esc to close
Copyright © 2013 Jam Blog All Right Reserved