Breaking News
Loading...
Sabtu, 17 November 2012

Double Stroke


Setelah membahas Single Stroke, maka kali ini kita akan membahas Double Stroke. Suatu rudiment yang bila diaplikasikan di drumset secara tepat bisa terdengar sangat ajaib, Ilusif & sekaligus musikal. Banyak drummer berpikir bahwa mereka sudah "memahami" double stroke roll sehingga mereka tidak melatihnya secara khusus. Sayangnya seringkali "hasil tidak latihan" ini terdengar tidak sebagus seharusnya. Terdengar tidak Clean & seolah2 hanya "memantulkan" stick secara asal2an & terburu2 saja.


Pattern Double Stroke sendiri adalah RR LL RR LL RR LL RR LL.
(Note: R = Right = Kanan; L = Left = Kiri)

Latihlah Double Stroke sampai suara yg dihasilkan kedua tangan terdengar sama jernih & sama kuat. Pastikan tangan kiri memukul dalam tempo, movement & power yg sama dengan tangan kanan. Balance. Benar2 "Stroke atau memukul" bukan sekedar "Bounce
atau Memantulkan".

Walaupun ada teknik yang menggunakan bounce, tapi kali ini kita akan membahas "Stroking"
Kombinasikan juga dengan Single Stroke, misalnya dalam 1 bar Single Stroke dimainkan dengan not 1/8, maka bar berikutnya mainkan Double Stroke dengan not 1/16. Single Stroke not 1/16, maka Double Stroke not 1/32. Aplikasikan pada Hi-hat, Snare & Toms untuk mendapatkan Eksplorasi sound yang menarik. Tambahkan juga aksentuasi seperti misalnya:


> > > > > > > >
RR LL RR LL RR LL RR LL

Latihlah secara bertahap, gunakan metronome & jangan terburu meningkatkan Kecepatan.

Selamat berlatih & bereksplorasi

0 comments:

Posting Komentar

Quick Message
Press Esc to close
Copyright © 2013 Jam Blog All Right Reserved