Breaking News
Loading...
Sabtu, 17 November 2012

Attitude Drummer



Kali ini gue membahas tentang attitude/sikap apa aja yang biasanya dimiliki oleh drummer-drummer yg berhasil. Menurut gue ini adalah point yang terpenting dalam semuanya.

Apa yang akan gue sampaikan berasal dari pengalaman pribadi dan sharing dengan banyak drummers. Monggo kalo setuju..bisa diamalkan

Kalo misalnya gak setuju/ga suka..gak apa-apa abaikan saja

1 pertnyaan yang sering banget ditanyakan oleh drummers di belahan dunia manapun:
 “Bagaimana ya cara menjadi drummer yang baik?”

Jawaban untuk pertanyaan itu adalah : good skill/techniques, good ATTITUDE, dan good network! Apa saja yg masuk dalam good attitude? Yuk kita bahas satu2.



1. SELALU MAU BELAJAR.

Belajar di sini mencakup: skill/teknik, pengetahuan tentang drum, cara tuning, kita selalu bisa belajar dari siapapun & kapanpun. Bahkan seorang guru drum, selain belajar sendiri, juga dapat belajar dari murid-muridnya lho, belajar juga sebaiknya berimbang. Bagus bila kita pengen terus belajar dan meningkatkan skill. NAMUN, jangan lupakan tentang pengetahuan,banyak banget drummer yang jago/bagus skillnya, tapi pengetahuan drum sangat minim atau ga bisa tune drum. Selama masih hidup, itu berarti masih dikasih kesempatan oleh Tuhan untuk belajar.

Kenali dengan baik apa yg menjadi kelebihan dan kekurangan diri kita masing2 sebagai drummer. Fokus dan kembangkan kelebihan yang kamu miliki…
dan jangan SOMBONGKAN itu… karena bakat mu semata-mata hanya dari Tuhan
Sementara, untuk kekurangan2 yg kamu miliki..perbaikilah.. les drum bila perlu, rajin baca & pengetahuan, rajin latihan, tuning, dsb



2.PERCAYA DIRI. 

Siapakah yang paling bisa kamu andalkan di dunia ini selain Tuhan? Diri kamu sendiri! .
Maksudnya..kalo mau jadi drummer berhasil, modal awalnya adalah percaya diri dulu!, Kalo engga percaya diri, semua usaha yangg kamu lakukan tidak akan maksimal dan nanggung hasilnya. Banyak banget kesempatan yg bisa hilang.

Selain itu, percaya diri penting banget pada saat kamu manggung. Karena dengan percaya diri, kita bisa mengeluarkan kemampuan terbaik kita, Kenapa bisa begitu? Karena klo percaya diri, kita akan lebih relaks waktu bermain drum. Setuju?.

Rekan-rekan personil band kamu yang lain juga akan ikut “tertular” pedenya, dan akhirnya secara keseluruhan, kalian akan memainkan musik, groove yang enak…dan membuat penonton senang.



3. RENDAH HATI.. yang BEDA banget sama rendah diri/minder. 

Rendah hati itu artinya kita bersikap natural apa adanya, gak melebih-lebihkan dan juga tidak rendah diri.
Kalo memang permainan drum kita bagus, lambat laun pujian akan datang dengan sendirinya..gak perlu disombongkan dan kalo kita sudah jujur apa adanya, lalu dibilang “merendah”..bersyukur aja
Karena jauh lebih baik dibilang sok merendah tapi JUJUR, daripada menuai pujian yg sebenarnya GA LAYAK kita terima.



4. BERSIKAP PROFESIONAL

Di manapun dan dalam situasi apapun kalian berada. Yang termasuk sikap professional: menguasai lagu yg harus dimainkan, datang tepat waktu/bahkan lebih awal, sikap professional juga mencakup: apakah peralatan yang diperlukan dibawa semua, termasuk kostum, stik cadangan, dsb?

Tak lupa, sikap professional juga terlihat dari kemampuan untuk mengatur/menahan emosi bila terjadi situasi yang tidak diinginkan, Misalnya: drum yg disediakan panitia/host/penyedia sound system kurang mumpuni, jadwal check sound ngaret, dsb.

Segala sesuatu bisa diselesaikan dengan lebih baik dengan kepala dingin dan BUKAN marah2 ga karuan. Penting banget , drummers!

Bersikaplah ramah dgn musisi lain, sound engineers, produser band, vokalis, siapa saja..bangun network kalian seluas2nya, Karena dengan luasnya network dapat mendukung perkembangan karir kalian juga sebagai drummer di industry musik. Mengatur emosi, dan ramah juga bisa banget diterapkan di social media.



5. SENYUM! 

Engga gitu yakin juga sih ini bisa dikategorikan sebagai salah satu aspek attitude atau engga
Tapi..sebuah senyuman dapat membuat banyak perbedaan no..its not bullshit..seriously
Senyuman yang tulus, lepas merupakan salah satu cerminan Good attitude, lagipula, penonton akan lebih suka klo drummernya (lebih) tampan..nah tebar senyum :d dikit..jangan kebanyakan..nanti dikira gila :p



6. MAU BERBAGI.

Baik itu ilmu skill, wawasan/ pengetahuan tentang drum, cara tuning, bahkan pinjam alat drum. Tentunya kita harus bijak juga kalo soal minjemin alat apakah orang yg dipinjemin bisa dipercaya
Ilmu, wawasan itu klo dibagi gak aka nada habisnya..justru sebaliknya..makin berkembang! Orang yg mau berbagi gak akan pernah semakin kekurangan, justru sebaliknya mereka akan semakin diberkati.

Nah jadi segitu dulu ya soal :) kesimpulannya.. ada 6 attitude/sikap/kualitas dari seorang drummer yang baik

Yaitu: Selalu mau belajar, percaya diri, rendah hati, bersikap professional, senyum, dan mau berbagi :)

Ini jauh dari sempurna, no problem klo ada yg ga setuju..abaikan saja :D

semoga bermanfaat buat sobat drummers semua.


0 comments:

Posting Komentar

Quick Message
Press Esc to close
Copyright © 2013 Jam Blog All Right Reserved