Breaking News
Loading...
Sabtu, 17 November 2012

Kapasistas Bermain Drum



“Bermainlah (drum) sesuai dgn “kapasitas” kita. Sebuah kalimat singkat yang sangat inspiratif dan dalam maknanya yang saya dapat dari Gusti Hendi ketika dalam sesi masterclass beliau pada bulan september 2012.

Kenapa bermain drum harus sesuai dengan kapasitas kita? Ada beberapa alasan yang penting untuk kita perhatikan:

1. Bakat/talenta kita untuk bermain drum merupakan anugerah Allah semata. Diimbangi dengan usaha, kondisi, dan drums gear. Ini merupakan kapasitas drumming kita.

Jadi mksudnya, kapasitas bermain drum kt adlah kombinasi dari bakat, usaha, kondisi (dukungan kluarga,dsb), & drum gears yang dimiliki. Disamping hal tersebut kita harus mengembangkan skill drumming semaksimal mungkin sesuai dgn bakat/talenta, kondisi, & drumgears yg sudah Tuhan percayakan pada kita.

Perlu disyukuri bahwa setiap manusia diciptakan berbeda-beda. Berdasarkan hal tersebut tentu ada nilai ukur yang perlu diingat bahwa setiap drummer memiliki kapasitas yang “unik dan berbeda”

Tentunya kapasitas masing-masing orang berbeda-beda. Mereka yang dianugerahkan/dipercayakan lebih oleh Tuhan pasti akan dituntut lebih lebih

Bahasa Jawanya: Great power comes with Great Responsibility Smakin besar kapasitas, smakin besar pula tanggung jawab + tuntutan.

Ironisnya, banayak dari kita yang punya kapasitas besar, tapi gak dikembangin maksimal!
misalnya:
Punya drum High end 8pcs, cymbal lengkap 6pcs semua kelas atas misalnya, studio mewah tapi sayangnya malas latihan, ga pernah sticking dsb.

Atau drummer yg aslinya emang jago, tapi lagi-lagi males latihan, ngerasa sombing jadi ngga mau bergaul sama drummer lain..

Atatu bahkan menjelek-jelekan drummer/musisi lain.. ironis kan? kapasitas besar yang sudah di tangan, ngga dipakai maksimal! Sayang!

Sebaliknya, ada drummer skill pas-pas’an atau ga punya drum dan bahkan gak didukung orang tua, kapasitas yang “kecil”
Dan pada akhirnya, drummer ini berhasil! ini artinya meskipun kapasitas mereka kecil, tapi mereka manfaatkan secara maksimal! Sangat luar biasa!

Ini Jauh lebih mulia sebagai bentuk ibadah & rasa ucapan syukur kita kepad Allah, daripada orang-orang yangg berkapasitas besar, tapi males-malesan. Setuju? hehe…

2. Kapasitas bermain drum, bisa dan harus dikembangkan.
Gak instant kaya mie instant atau langsung pedes kaya cabe! wkwkwk…

Drummer berkapasitas besar harusnya bisa bermain drum dan menghibur orang lain dalam skala besar juga.

Drummer-drummer senior Indonesia seperti mas @GUSTIHENDI & @SANDYPASBAND tidak langsung mengawali karir mereka dalam kancah persilatan Drum dengan bermain di balik drumset 10 pcs + 10 cymbal di panggung super besar dengan 30,000 penonton kan?

seperti pepatah: seribu langkah dimulai dari satu langkah kecil. Mereka pasti mengawali dengan satu langkah/kapasitas kecil dalam karir yang sudah beberapa tahun lamanya.

Pengembangan kapasitas perlu “proses” seiring dengan usaha maksimal, pengalaman, jam terbang, dan tentunya anugerah Tuhan yang besar.

Tuhan itu adil. Mereka yang berusaha keras tentu akan semakin diberkati dan makin maju kapasitas nya.

Sebaliknya bagi mereka yang bermalas-malasan akan memetik buah kosong yang tidak ada maknanya…

3. Bermain drum sesuai dgn kapasitas juga berarti bahwa kita, drummers, harus tau diri. 
Apa mksudnya?

Jangan sok-sok’an ngajuin diri/minta main drum utk acara dievent besar/bareng band besar kalo kapasitas kamu sebenernya belum atau bahkan tidak cukup sama sekali.

Sebaliknya kalo kapasitas kamu besar, jangan minder kalo kamu diajak untuk terlibat dalam sesuatu yg besar. Raih kesempatan yg ada, guys.

Kuncinya adalah “tetap percaya diri” dan “tau ukuran” kapasitas diri. Terlalu Pede ga bagus, tapi minder juga gak bagus. Jadi harus pas.

Bagi saya pribadi, kapasitas mirip susu. Kalo gak segera dimanfaatkan dgn diminum dan menjadi kekuatan yang membangun tubuh kita, susu itu akan basi/rusak/ga bisa dipake. Sama hal nya dengan kapasitas, kalo kita gak manfaatkan, akan menjadi sesuatu yang mubazir.

Akhir kata…. Ingat bahwa kita harus selalu percaya diri, tau diri, dan mengembangkan kapasitas kita sesuai apa yang sudah Allah percayakan kepada masing-masing kita.

Gak' bosen-bosen saya bilang bahwa “pengembangan kapasitas diri adalah proses dimana butuh waktu, usaha,tenaga, dan pengorbanan.”

Dan sesuai motto/tagline saya pribadi: “yang instant cuma mie dan yang langsung pedes cuma cabe!”
Salam Drummer Super!! SDS!!

Semoga sharing saya tentang kapasitas main drum ini bs bermanfaat bg sobat drummers, maaf kalo ada kata-kata yang menyinggung..Lets grow together! SDS

0 comments:

Posting Komentar

Quick Message
Press Esc to close
Copyright © 2013 Jam Blog All Right Reserved