Breaking News
Loading...
Sabtu, 17 November 2012

Kemuliaan Ada Pada Orang Rendah Hati

                                                                                                                                                                                                             oleh Pdt. Dr. Jacob Nahuay MA


SEMUA ORANG, SIAPAPUN INGIN DIPUJI DAN BUKAN DIHINA. Pujian merupakan tangan yang mengelus ego seseorang dan membuatnya merasa penting. Pujian memberi semangat bagi seseorang. Pujian berarti penghargaan, salam, perhatian dan persetujuan. Kitapun merasa bahagia, kalau kita dapat menyenangkan seseorang. Pujian meningkatkan semangat kita, membuat kita mau melakukan lebih baik lagi apa yang telah kita kerjakan. Pujian membuat seseorang mengerjakan sesuatu dengan semangat, efisien dan dengan antusiasme yang tinggi. Jika kita memuji sekretaris kita untuk surat yang ia telah ketik, maka ia akan ketik surat berikutnya dengan lebih baik lagi. Cara yang sama dapat kita lakukan untuk istri, suami, anak-anak, keluarga, sahabat dan siapa saja.

Pujian dapat meningkatkan mutu seseorang. Tentunya pujian yang kita berikan bukan saja pada ha-hal yang besar, tetapi juga buat prestasi kecil yang kita temukan. itu akan meningkatkan mutu dari orang yang menerima pujian yang kita berikan. Pujian juga dapat membuka hati seseorang dalam mnerima kritikan. Pujian dapat dipakai untuk mengoreksi kesalahan seseorang tanpa melukai hatinya. Kunci untuk hal ini ialah memuji seseorang dan pada saat yang sama menyatakan kesalahannya. Hal yang sama dipakai Tuhan Yesus dalam mengoreksi Jemaat-Nya.

Pujianpun dapat disampaikan dalam bentuk meminta pendapat dari seseorang. Untuk membuat seseorang merasa penting adalah dilkala kita meminta pendapat atau idenya. Cukup mengatakan:"Apa pendapatmu tentang hal ini?" jika kita meminta pendapat seseorang, dengarkan apa yang dikatakannya dari permulaan sampai akhir dengan penuh perhatian. Jangan memotong omongannya sementara ia berbicara. Ia akan kehilangan muka dan egonya akan tersinggung. Yang paling baik yang dapat kita perbuat ialah menyatakan terima kasih dan katakan, bahkwa ide yang baik ini akan kami pertimbangkan.

hanya orang yang renda hatilah yang dapat memnuji orang lain, tahu menghargai orang dan berterima kasih dengan tulus dan bukan untuk mencari keuntungan. Alkitab mengatakan, bahwa keseombongan menuntun manusia kepada kegagalan (Yes 2:11-12). Itu berarti apapun kharisma kita, kesombongan dapat menghancurkannya. Karena orang sombong dimusuhi Allah dan sesamanya manusia, sebalikanya orang yang rendah hati menerima kemuliaan dari Allah (Mat 23:12).

Orang yang rendah hati menyadari, bahwa apa yang mereka miliki berasal dari Tuhan. Meereka juga sadar, bahwa hubungan mereka dengan Allah dan sesama menentukan keberhasilan mereka. Kesadaran mereka begitu tinggi akan tujuan dari segala sesuatu yang Allah percayakan bagi mereka, yaitu untuk kelebaran kerajaan-Nya. Jika ada orang yang memuji mereka, karena kharisma dan kecakapan khusus yang mereka miliki, dengan tulis hati mereka kembalikan segala kemuliaan bagi Allah saja. Sikap inilah yang membuat Allah berkanan kepada mereka. Jadi, milikilah dan praktekkan selalu sikap rendah hati!!!

Kerendahan hati adalah dasar dari segala kemuliaan dan berkat yang dicurahkan Tuhan kepada seseorang yang mau melaksanakannya

0 comments:

Posting Komentar

Quick Message
Press Esc to close
Copyright © 2013 Jam Blog All Right Reserved