Breaking News
Loading...
Sabtu, 17 November 2012

Tips Manggung




Di artikel ini gue akan membahas tips-tips utk sobat drummers ketika lagi manggung. Semua tips yang akan saya uraikan ini diambil dari pengalaman pribadi saya dan juga dari pengalaman nyata teman-teman drummer pro lainnya. Yuk langsung aja ya dibahas berikut ini tips-tipsnya:

1. Kuasai betul lagu/part yang akan dimainkan.
Banyak latihan baik sendiri ataupun bareng dengan band kamu. Kalo kita manggung utk solo drum, tentu harus lebih banyak latihan sendiri. Sebaliknya, kalo manggungnya bareng band, sebaiknya latihannya juga lebih banyak bareng band. Kenapa? Penjiwaan dan harmonisasi jauh lebih penting daripada teknik. Dan juga chemistry antara setiap anggota band harus dibina dengan kata lain “se-hati, se-nafas.” Cuma dengan harmonisasi, penjiwaan, & chemistry yang baik di antara seluruh anggota band, maka musik dan groove yang asik bisa diciptakan.

2. Siap mental.
Harus PeDe. Grogi/Nervous itu wajar banget terjadi, tetapi harus diatur/dikendalikan. Kalo sampe terlalu grogi, bisa kacau waktu manggung dan apa yang sudah dilatih/dipersiapkan bisa buyar semua. Nah, untuk mengatasi grogi ini ada 2 tips dari saya:
a. Doa. Minta bimbingan dan kekuatan dari Tuhan.
b. Berdiri tegap di depan kaca, tarik nafas dalam2, lalu tunjuk diri sndiri di depan kaca dan ngomong keras,“Kamu pasti bisa dipanggung! YES!!..” coba deh. Kesannya kaya org gila tapi cara ini sudah terbukti sering berhasil dipakai banyak orang diberbagai kesempatan.

3. Warming up / Pemanasan
Sticking sebelum manggung! single stroke, double stroke, dsb. Jadi, sangat penting utk bawa Practice pad (drum pad) ke mana-mana. Pemanasan akan membuat jari-jari dan otot-otot tangan kita lebih relax. Untuk kaki bisa dilakukan dengan stretching seperti mau olahraga, terutama di bagian pergelangan kaki. Jd wktu main pas manggung, hasilnya akan lebih maksimal.

4. Bawa Drum gears extra utk cadangan: stik drum, kunci drum, head snare.
Kalo bawa cymbal sendiri, jgn lupa bawa plastik/karet tempat dudukan cymbal di stand agar menghindari kontak langsung antara cymbal dengan stand tersebut.

5. Kalo bawa cymbal, snare, dll jaga baik2 jangan sampai hilang, dipinjam orang yang tidak jelas, ataupun tertinggal.

6. Bawa air minum mineral / jus buah. Usahakan kurangi dan hindari softdrink/alkohol demi kesehatan kita.

7. Ajak pacar/gebetan. Bisa nambah s’mangat, asal jangan pacar/gebetan orang yah hehehe…

8. Selalu berpikir positif bahwa kita manggung utk menghibur penonton.

9. Atur permainan kita pas manggung dan jaga emosi.
Misal maen 10 lagu, jangan terlalu semangat di lagu2 pertama /awal-awal. Nanti lagu-lagu akhir sudah kurang energinya.

10. Datang ke lokasi main lebih awal supaya bisa siap-siap lebih cepet dan ga terburu-buru, selain itu juga untuk membiasakan diri dengan tempatnya.

Demikianlah 10 tips manggung yang saya peroleh dari sumber
Semoga ini dapat menjadi tolak ukur kita saat lagi manggung.
Cheers!

0 comments:

Posting Komentar

Quick Message
Press Esc to close
Copyright © 2013 Jam Blog All Right Reserved