Breaking News
Loading...
Selasa, 25 Juni 2013

All about Motion

Motion
Drumming memiliki banyak aspek yang sangat menarik & saling mendukung satu sama lain. Salah satunya adalah “Body Motion”. Motion dalam drumming melingkupi detail gerakan tangan mulai dari lengan, pergelangan, bahkan jari. Lalu gerakan tubuh,kaki & bahkan kepala. Walau terkesan sepele tapi sesungguhnya motion memiliki peran yg cukup signifikan dalam mempengaruhi drumming kita.
Kalau dicermati maka Boleh dikatakan bahwa masing2 Drummer mempunyai “Signature Motion”-nya sendiri2. Walau begitu ada satu persamaan yg hampir bisa ditemukan dalam motion drummer tersebut, yaitu “Kenyamanan”. Bila kita bisa bermain dengan posisi yang membuat kita nyaman & Relax secara alami maka secara langsung drumming kita pun akan ikut membaik. Ada drummer yg lebih nyaman bermain dengan “Heel Up” ada yang lebih terbiasa dengan “Heel Down”. Ada yang menyukai “Matched Grip” ada juga yang sudah terbiasa dengan “Traditional Grip”.
Matched Grip ga melulu “pasti lebih keras” dripada Traditional Grip ( lihat Virgil Donati, Thomas Lang ) Ada yang suka moshing, ada juga yang hanya mengangguk2an kepala santai mengikuti ketukan. Kadang mengangguk2an kepala saja, bila sudah terbiasa & terlatih bisa menjadi “metronome alternatif” saat kita manggung lohh !!!
Motion juga erat kaitannya dengan set-up drumset kita. Jadi setting-lah drumset kita untuk memudahkan kita bermain dengan maksimal. Jangan sekedar mengikuti setting idola kita. Bbrapa Drummer Idola saya menempatkan hi-hat secara tinggi, saya tidak tertarik mengikutinya karena jarak hi-hat dengan snare jadi terlalu jauh.
Saat bermain usahakan tubuh kita tegak, relaks & siaga serta mampu berespons secara cepat ke seluruh setup kita. Karena dengan begitu maka tenaga yang dihasilkan juga bisa maksimal. Memang ada bbrapa drummer yang motion-nya unik & ajaib, misalnya : Steve Gadd duduknya bongkok & memegang stiknya terlalu dekat ke ujung gripnya. Tapi itulah mungkin posisi ternyaman beliau.

Selamat berlatih & bereksplorasi
sumber

0 comments:

Posting Komentar

Quick Message
Press Esc to close
Copyright © 2013 Jam Blog All Right Reserved