Breaking News
Loading...
Selasa, 25 Juni 2013

Flam

Flam
Basic Rudiments berikutnya yang tak kalah menarik adalah : Flam.
Flam adalah suatu jenis pukulan menggunakan 2 tangan yang diarahkan pada 1 area pukul yang sama & menghasilkan sound yang mantab, tegas & unik. Unik krena terdengar seperti ada 2 suara yang terdengar dalam waktu yang bersamaan. Flam paling sering digunakan untuk memukul snare.
Tapi tentu saja bisa digunakan di Hats, Toms & juga Bass Drum apabila menggunakan double pedal. Flam juga perlu dilatih, krena bila tidak maka kemungkinan suara yg dihasilkan tidak gurih melainkan “Mati” atau bisa juga malah menjadi 2 not berbeda. Kalau pukulan snare dengan satu tangan kira2 bunyinya “Takk”, maka Flam berbunyi “Trakk”. 1 not 2 suara, bukan 2 not bersusulan “Taktakk”.
Cara melatih Flam: Angkatlah stick dalam posisi siap memukul dengan ketinggian yang berbeda2. Misalnya tangan kanan lebih tinggi dari tangan kiri. Tangan kanan setinggi dagu, tangan kiri setinggi dada. Lalu pukulkan keduanya berbarengan dengan -perhatikan kata2 ini- “KECEPATAN yang SAMA”. Sehingga jatuhnya “Hampir Bersamaan”.
Kalau jatuhnya bersamaan berarti tangan kanan anda “menyusul” tangan kiri anda. Kalau gerakannya tidak bersamaan maka pukulan yang dihasilkan akan bernilai 2 not bukan 1 not. Latihlah sampai Flam anda menghasilkan suara yang tegas, nyaring & tentu saja musikal.

Selamat berlatih & bereksplorasi :)
sumber

0 comments:

Posting Komentar

Quick Message
Press Esc to close
Copyright © 2013 Jam Blog All Right Reserved